Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012

0 komentar
space iklan posting
Lintas Sepak Bola - Usai gol ke-91 sepanjang 2012 yang dicetaknya ke gawang Real Valladolid, beberapa catatan menarik bisa ditarik dari rekor gol Lionel Messi tahun ini.

Pada pertandingan penutup tahun 2012 di La Liga, Sabtu (22/12) lalu, menghadapi tuan rumah Real Valladolid, bintang Barcelona, Lionel Messi, resmi mencatatkan gol ke-91 yang ia ciptakan dalam setahun ini.
Fakta Gol Lionel Messi
Gol Lionel Messi
Di laga itu, Messi mencetak gol kedua Barca di menit ke-59, setelah sebelumnya Xavi membuka kemenangan timnya di menit ke-43. Valladolid sempat mengejar lewat gol Javi Guerra di menit ke-89, namun Cristian Tello memastikan kemenangan 3-1 untuk Barca dengan gol tambahan di injury time.

Kembali ke Messi, rekor 91 gol ini sendiri tergolong spektakuler, yang notabene kian menahbiskan dirinya sebagai salah satu pencetak gol terhebat yang juga pemain terbaik dunia. Hingga tak kurang dari situs sepak bola Infostrada Sports pun, tak lama seusai laga itu segera bersiap menampilkan data dan fakta unik seputar catatan gol-gol Messi, lewat tweet mereka.

"Messi wraps up his footballing year with his 91st goal. We will tweet a full review of his exploits tomorrow (Sunday). Messi Stats Galore!" tulis admin akun Twitter Infostrada, pada Sabtu (22/12) atau Minggu dinihari WIB.

Berikut beberapa catatan gol-gol Messi sepanjang tahun ini yang lantas benar-benar diinfokan @InfostradaLive dengan tanda pagar #Messi91, beberapa jam kemudian:

*Total 91 gol Messi dihasilkan di 69 pertandingan. Sebanyak 79 gol untuk Barcelona (60 laga); 12 untuk Argentina (9 laga); dengan 4 gol dicetak sebagai pemain pengganti (semua di Barcelona).

*Messi mencetak ke-91 golnya di tiga kawasan, yaitu Eropa, Amerika Latin dan Amerika Utara. Tepatnya, dia mencetak gol di 8 negara, 23 kota, di 26 stadion.

*Messi mencetak gol secara hampir merata di 11 bulan berbeda tahun ini, kecuali Juli, dengan sebanyak 13 gol dicetak pada bulan Maret. Gol-golnya dicetak di 6 hari berbeda, kecuali Senin, dengan 28 gol pada hari Sabtu dan Minggu.

*Ke-91 gol Messi dicetak ke gawang 36 kiper berbeda, serta atas 31 klub/tim yang berbeda. Sebanyak 6 gol tahun ini dicetaknya ke gawang Bernd Leno (Bayer Leverkusen), dengan 6 gol vs Leverkusen dan Malaga.

*Sebanyak 78 dari total gol Messi tahun ini dicetak dari dalam kotak (penalti); 13 dari luar kotak; 14 merupakan tendangan penalti; serta 7 merupakan tendangan bebas.

*Ada 18 pemain yang tercatat sebagai pemberi assist Messi tahun ini, dengan yang terbanyak adalah Andres Iniesta (9 assist).

*Kaki kiri Messi terbukti dominan, karena sebanyak 81 gol tahun ini dicetaknya dengan kaki itu; sementara hanya 7 gol dengan kaki kanan; serta 3 lewat kepala.

*Sebanyak 37 di antara gol-gol Messi tahun ini dicetak di babak pertama, dengan sisanya (54 gol) pada babak kedua. Sebanyak 4 gol di antaranya sukses dicetak Messi pada 25 menit pertama pertandingan.

*Kebanyakan gol (normal) Messi, yaitu 23 gol, masuk ke bagian sudut kiri bawah (arah gawang). Sementara 3 gol tendangan bebasnya masuk ke sudut kanan atas, dan 4 tendangan penaltinya masuk ke sudut kanan bawah.

S: beritasatu.com

Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012 9 out of 10 based on 99397 ratings. 2 user reviews.
Anda sedang membaca artikel di topkabar tentang Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012 dan anda bisa menemukan artikel Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012 ini dengan url http://zonagawang.blogspot.com/2013/01/fakta-gol-lionel-messi-ke-91-sepanjang.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Fakta Gol Lionel Messi ke-91 sepanjang 2012 sebagai sumbernya.